Daya Beli Konsumen Turun karena Inflasi, Penjualan Ponsel di RI Ambles

Riset dari International Data Corporation (IDC) menunjukkan, pasar smartphone atau smartphone di Indonesia mulai sepi tahun ini. Sementara itu, pemimpin pasar di tanah air adalah Samsung.

IDC mencatat bahwa pengiriman ponsel di negara tersebut turun 17,3% setiap tahun (tahun demi tahun/yoy) menjadi 8,9 juta unit pada kuartal pertama tahun ini. Penyebabnya adalah daya beli konsumen yang rendah.

Rendahnya daya beli tersebut disebabkan oleh kenaikan harga barang atau inflasi, seperti gas dan komoditas. “Harga yang lebih tinggi menambah tekanan ekstra pada daya beli konsumen,” kata Associate Market Analyst IDC Indonesia Vanessa Aurelia dalam laporannya, Kamis (16/6).

“Produsen mungkin tidak dapat menyerap kenaikan harga di atas level tertentu, sehingga harga jual keseluruhan menjadi lebih tinggi,” tambahnya.

Selain itu, penurunan pengiriman terjadi karena pasokan gadget, terutama untuk kelas bawah atau tingkat pemula.

Pasokan komponen chip (chipset) untuk ponsel 4G juga terbatas. Hal ini membuat pengiriman ponsel 4G turun 22% yoy.

IDC memperkirakan pengiriman ponsel pada kuartal berikutnya akan lebih rendah dibandingkan pengiriman ponsel tahun lalu.

IDC juga membuat laporan pangsa pasar produsen di Indonesia. Samsung memimpin dengan 23,3%, setelah dua setengah tahun dikalahkan oleh pembuat ponsel Cina seperti Oppo hingga Vivo.

Itu karena Samsung gencar merilis beberapa model besar, seperti seri flagship Galaxy S22 dan model Galaxy A03 tahun ini. Sementara itu, seri Galaxy A53 5G, A52s 5G, dan S22 yang baru dirilis mendorong pangsa Samsung di segmen 5G menjadi 40%.

Posisi kedua ditempati oleh Oppo dengan 20,2%. Oppo merilis ponsel A95 dan A76 sebagai pendorong penjualan terbesar mereka.

Urutan ketiga ditempati oleh Vivo (17,1%). Kemudian Xiaomi (14,6%) dan Realme (12,3%).

Baca Juga:   Inflasi Juni Tembus 4,35% & Tertinggi Sejak 2017, Ini yang Diwaspadai

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Daya Beli Konsumen Turun karena Inflasi, Penjualan Ponsel di RI Ambles

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaDaya Beli Konsumen Turun karena Inflasi, Penjualan Ponsel di RI Ambles

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini