Cara Promosi Sekolah Dengan Web Untuk PPDB Terbukti Siswa Baru Naik 200%

Cara Promosi Sekolah Untuk PPDB: Sebentar lagi sekolah akan memasuki tahun ajaran baru 2020-2021 saatnya sekolah mulai disibukan untuk kegiatan PPDB (pendaftaran peserta didik baru). Meskipun ada beberapa sekolah favorit yang sudah buka bahkan ada yang sudah tutup untuk pendaftaran siswa barunya.

Cara Promosi Sekolah dengan Web
Banner Sekolah, image via freepik

Cara Promosi Sekolah dengan Website Untuk PPDB

Pada era digital atau era industri 4.0 ini masih banyak sekolah yang tidak memanfaatkan website atau sosial media sebagai media promosi yang efisien dengan budget murah. Masih banyak sekolah dan lembaga pendidikan masih mengandalkan pola promosi lama yaitu dengan memasang banner dan spanduk konfensional.

Apa tidak boleh Promosi Sekolah masih menggunakan cara-cara lama?

Ya boleh saja tapi porsinya sudah mulai dikurangi karena dengan memasang spanduk konfensional anda tidak bisa mengukur dan menganalisa seberapa jauh menjangkau para calon siswa baru. Buka hanya itu, spanduk konfensional tidak bisa mengumpulkan data calon siswa secara efektif.

Dari hasil digital Summit Detroit 2019 Digital Marketing Conference, salah satunya adalah pengunaan sosial media mampu meningkatkan brand awareness hingga 200% dibandingkan iklan tradisional. Hal tersebut dipicu oleh lamanya pengguna smartphone yang manghabiskan waktu rata-rata 4 jam dalam sehari.

Cara Promosi Sekolah, Web Untuk PPDB
Siswa SMK Mutu Gondanglegi Malang, foto via malangvoice.com

Promosi Web Sekolah Untuk Mendapatkan Calon Siswa Baru

Cara Promosi Sekolah merupakan salah satu fungsi website sekolah adalah untuk media promosi sekolah yang efektif untuk saat ini. Sebelum website sekolah kita promosikan untuk mendapatkan siswa baru yang banyak. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Desain web, meskipun ini tidak seberapa berpengaruh pada pengunjung website tapi juga tidak boleh ditiggalkan. Desainlah website sekolah anda yang sederhana tapi menarik dan bisa diakses dengan cepat pada perangkat laptop/pc terutama mobile.
  2. Informasi update, jadikan website sekolah sumber informasi yang tepat dan mengedukasi siswa, orang tua, guru dan calon siswa. Berikan informasi yang falid terkait dengan sekolah, siapa kepala sekolahnya, siapa saja gurunya. Fasilitas sekolah juga harus ditampilkan di website sekolah, kegiatan ekstrakurikuler prestasi siswa dan lain sebagainya.
  3. Buatlah kolom kritik dan saran, jika diperlukan karena ini akan membawa pengaruh positif bagi sekolah juga bagi pengunjung website.
  4. Buatlah PPDB Online, tidak harus selengkap data dapodik siswa cukup dengan Nama, Asal sekolah, no HP (orang tua dan calon siswa) serta email. Jika menginginkan data lengkap bisa diisi belakangan saat calon siswa sudah diterima di sekolah.
  5. Promosikan Website Sekolah di Medsos, Buatlah akun-aku official sekolah di media sosial populer seperti facebook, instagram, youtube dan twitter. Untuk facebook buatlah Fanpage Bisnis untuk sekolah karena ini akan bermanfaat untuk mengumpulka data, juga bisa kita gunakan untuk mengiklankan sekolah kita. Jangan campur dengan akun personal postinglah hal-hal yang terkait dengan sekolah.
  6. Daftarkan Sekolah di Google Bisnis, dengan mendaftar di google bisnis akan secara otomatis sekolah akan terdeteksi di google map. Google bisnis juga aka merekomendasikan ke orang yang mencari sekolah melalui google search ataupun google voice search. Cantumkan juga link website pada google bisnis begitu juga sebaliknya cantumkan map pada website agar mempermudah orang mencari lokasi sekolah.
  7. Beriklan, dengan beriklan di medsos atau mesin pencarian google sekolah akan banyak dikenal masyarakat luas. Bukan cuma itu kita akan mendapatkan banyak data ketika kita beriklan di medsos ataupun google.
Baca Juga:   Panic Attack: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Iklan Medsos Dan Google Menggantikan Spanduk Tradisional

Cara Promosi Sekolah
calon siswa baru, foto via tribunnews

Cara Promosi Sekolah Untuk PPDB, Seperti yang saya jelaskan pada awal bahwa promosi digital jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan promosi tradisional. Ada beberapa alasan yang mendasarinya, jika kita memasang spanduk tradisional kita tidak bisa menentukan target pasar. Seperti Demografi, umur, hoby dan lain-lain.

Sedangkan dengan menggunakan Banner Iklan digital kita bisa menentukan target secara spesifik dan tepat. Kita bisa menentukan demografi, umur, hoby dan ketertarikan orang dibidang apa saja.

Semua data yang kita peroleh dari beriklan bisa kita manfaatkan untuk menganalisa apakah sekolah kita banyak diminati masyarakat atau tidak. Dari data yang kita peroleh juga bisa kita jadikan pertimbangan untuk promosi pada PDPD berikutnya.

Apa itu Domain?, 1 Hal yang Harus Kamu Tahu, Aset Berharga!

Terima kasih kepada para pembaca, semoga bermanfaat tulisan diatas.

Jika membutuhkan bantuan dan konsultasi bagaimana membangun website dan sosial media untuk sekolah bisa menghungi admin di WA: 081330199100 

EdupediaCara Promosi Sekolah Dengan Web Untuk PPDB Terbukti Siswa Baru Naik 200%

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini