Cara Membuka Tabungan Emas Syariah dengan Mudah

Memiliki tabungan emas merupakan salah satu cara untuk menghindari inflasi atau kenaikan harga secara umum dalam waktu tertentu. Kondisi inflasi dapat menyebabkan nilai tukar menurun. Tabungan emas diketahui lebih stabil nilainya, sehingga terhindar dari ancaman inflasi. Salah satu jenis tabungan emas yang bisa Anda miliki adalah tabungan emas syariah.

Geser dari situs sikapiuangmu.ojk.go.id, tabungan emas merupakan layanan neraca yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas dengan cara mencicil. Orang bisa menyetor uang ke lembaga tertentu dan kemudian uang itu akan diubah menjadi emas hingga empat digit setelah koma.

Nantinya, simpanan emas tersebut akan dicatat dalam buku tabungan dan akan diinformasikan dalam bentuk rupiah dan gram emas. Jika ingin mencetak emas dalam bentuk fisik atau emas batangan, maka bisa dilakukan dengan memilih kepingan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Cetak emas juga mahal tapi nominalnya masih relatif terjangkau.

Hukum Perdagangan Emas Non Tunai Menurut MUI

Tabungan emas pada dasarnya adalah pembelian emas secara mencicil. Namun, apakah cara jual beli ini diperbolehkan dalam Islam? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Majelis Ulama Indonesia atau MUI mengeluarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor 77/DSN-MUI/V/2010 tentang Jual Beli Emas Tanpa Uang Tunai.

Dalam fatwa tersebut MUI mengesahkan hukum jual beli emas secara nontunai baik melalui jual beli biasa maupun jual beli murabahah, hukumnya diperbolehkan selama emas tidak menjadi alat tukar resmi (uang ). Fatwa MUI juga menjelaskan batasan dan ketentuan, sebagai berikut:

  • Harga penjualan (tsaman) tidak boleh bertambah selama jangka waktu perjanjian, sekalipun ada perpanjangan waktu setelah jatuh tempo.
  • Emas yang dibeli dengan pembayaran non-tunai dapat diamankan.
  • Emas sebagai agunan tidak dapat diperjualbelikan atau dijadikan sebagai objek akad lain yang menyebabkan terjadinya perpindahan kepemilikan.
Baca Juga:   Perjalanan Xendit, Belajar dari Aneka Kegagalan hingga Jadi Unicorn

Dalam fatwa tersebut juga dijelaskan beberapa alasan mengapa perdagangan emas secara nontunai diperbolehkan. Berikut alasan lengkapnya:

  1. Emas dan perak adalah barang yang diperjualbelikan seperti barang biasa dan bukan tsaman.
  2. Manusia sangat membutuhkan untuk berdagang emas. Jika jual beli secara mencicil dilarang, maka manfaat uamt bisa rusak dan membuat banyak orang kesulitan.
  3. Emas dan perak setelah dibentuk menjadi perhiasan diubah menjadi pakaian yang sesuai dan barang-barang yang tidak termasuk tsaman.
  4. Jika jual beli emas secara mencicil dilarang, maka hutang dan piutang bisa terhambat. Hal ini membuat masyarakat kesulitan.

Keuntungan Tabungan Emas Syariah

Tabungan emas memiliki beberapa keunggulan. Namun, bagaimana dengan tabungan emas syariah? Apakah memiliki kelebihan tersendiri? Geser dari situs sikapiuangmu.ojk.go.idberikut beberapa kelebihan tabungan emas syariah yang perlu diketahui.

  1. Dibimbing langsung oleh Dewan Pengawas Syairah (DSN-MUI) sehingga terjamin sesuai dengan syariat Islam.
  2. Nilai aset aman, terjaga, dan dapat menjaga kekayaan dalam jangka panjang.
  3. Tabungan emas syariah memberikan bagi hasil yang kompetitif.
  4. Bersifat likuid artinya dapat diuangkan dengan cara menggadaikan apabila ada kebutuhan yang mendadak.

Cara Membuka Tabungan Emas Syariah

Masih mengutip dari situs sikapiuangmu.ojk.go.id, cara membuka tabungan emas syariah sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih industri tempat Anda membuka rekening tabungan emas. Anda dapat membuka rekening di Pegadaian Syariah. Anda juga dapat memilih cara pembelian, baik secara cicilan sesuai keinginan atau dengan sistem auto debit.
  2. Membawa Kartu Tanda Penduduk berupa KTP/SIM/Paspor.
  3. Mengisi formulir pembukaan rekening.
  4. Deposit dana untuk membeli emas kelipatan 0,01 gram.

Cara Buka Tabungan Syairah Emas di BSI Mobile

Badan Syariah Indonesia atau BSI bisa menjadi salah satu tempat bagi Anda yang ingin menabung emas syariah. Menabung di bank syariah ini tidaklah sulit. Geser dari bsimobile.co.idberikut cara menyimpan emas di BSI Mobile.

  1. Siapkan ponsel yang akan digunakan untuk mendownload BSI Mobile. Memastikan, handphone memiliki cukup memori untuk mengunduh aplikasi.
  2. Setelah itu install aplikasi BSI Mobile melalui Google Play Store atau App Store sesuai jenisnya handphone digunakan.
  3. Buka akun dengan mengklik menu “email”.
  4. Setelah itu, baca syarat dan ketentuan yang berlaku. Kemudian periksa bidang persetujuan yang tersedia.
  5. Isi NPWP yang Anda miliki. Bagi Anda yang belum memiliki NPWP, boleh mengosongkan kolom ini. Namun, diskon PPH atas harga beli emas akan lebih mahal dibandingkan nasabah yang memiliki NPWP.
  6. Lakukan transaksi pertama dengan pembelian minimal 0,1 gram atau setara dengan Rp100 ribu. Untuk pembelian selanjutnya, Anda diperbolehkan membeli emas minimal 0,05 gram atau setara Rp50 ribu dan maksimal Rp100 juta per hari.
  7. Setelah itu, Anda dapat menyelesaikan pembayaran dengan memiliki akun pembayaran.
  8. Centang bidang persetujuan, dan tunggu transaksi berhasil.
Baca Juga:   Mudah dan Praktis, Ini 4 Cara Kirim Pesan di WA Tanpa Save Nomor

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Cara Membuka Tabungan Emas Syariah dengan Mudah

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaCara Membuka Tabungan Emas Syariah dengan Mudah

Terkini

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini