Cara Membuat Web Sekolah Dengan WordPress

Cara Membuat Web Sekolah: Langkah-langkah cara membuat website sekolah menggunakan platform cms wordpress sebenarnya tidak terlalu berbeda dibandingkan dengan cara membuat situs web wordpress pada umumnya.

Hanya saja website sekolah akan dilengkapi dengan beberapa menu dan fitur khusus yang berfungsi untuk memberikan informasi yang lebih rinci terkait dengan profil sekolah dan kegiatan sehari-hari di sekolah.

Cara Membuat Web Sekolah Dengan WordPress
website Sekolah, foto via tirto.id

Panduan Cara Membuat Web Sekolah

Di era digital saat ini, keberadaan web sekolah tidak lagi menjadi media adu gengsi tetapi telah jadi kebutuhan primer sebagai bagian dari proses pembelajaran sekolah dan juga sumber informasi Sekolah.

Manfaat website sekolah selain digunakan sebagai web profil sekolah ada banyak sekali manfaat dari website sekolah. Satu diantaranya adalah sebagai media promosi yang efektif untuk saat ini.

Membuat Website Sekolah dengan WordPress

Kali ini kita akan belajar bersama bagaimana cara membuat web sekolah menggunakan CMS wordpress merupakan cms yang sanat populer untuk saat ini dengan menggunakan platform wordpress kita bisa membuat beragam situs yang sesuai dengan kebutuhan kita, dari blog pribadi sampai kebutuhan bisnis.

Pada artikel ini kita bahas membuat website sekolah dengan wordpress.org bukan website gratis dari wordpress.com. Untuk itu sekolah harus menyiapkan beberapa syarat.

Kebutuhan untuk membuat website sekolah

1. Domain

Domain atau nama untuk web sekolah disediakan khusus untuk global bisa menggunakan namasekolah.edu dan untuk Indonesia bisa memakai ekstensi .SCH.ID (namasekolah.sch.id) bukan domain .COM, .NET, .INFO, .ORG atau domain TLD yang lainnya.

Baca Juga:   10 Link Download Twibbon dan Sejarah Hari Buku Nasional 2022

Untuk pembelian domain sekolah sch.id ada syarat-syarat yang harus dilengkapi yaitu surat pengajuan nama domain oleh pihak sekolah yang ditanda tangani oleh kepala sekolah kepada penyedia domain Indonesia.

Untuk domain sekolah biasanya dijual satu paket dengan sewa hosting yang dibayar pertahun. Anda tinggal menyiapkan surat keterangan yang dibutuhkan selanjutnya kirim ke penyedia hosting dimana anda menyewanya.

2. Hosting (Server)

Hosting (server) adalah tempat menaruh semua file website dan dokumen sekolah dalam bentuk digital. Domain yang sudah dibeli ditaruh di hosting, domain akan menjadi alamat dari rumah (hosting) sekolah.

Untuk menyewa hosting bisa menyesuaikan dengan anggaran sekolah atau kebutuhan website sekolah. Saat ini banyak layanan hosting murah dari harga 5000/bulan. Jika kebutuhan sekolah sangat banyak bisa membeli hosting unlimited.

3. Data Sekolah

Sebelum membuat website alangkah baiknya menyiapkan kebutuhan data awal yang akan dipublish di web. Minimal untuk kebutuhan web profil sekolah.

Data awal website sekolah yakni, info guru, siswa, sambutan kepala sekolah, Visi misi sekolah dan sarana sekolah. Untuk lebih detailnya tentan cara membuat website profil sekolah bisa di baca di https://schmu.id/profil-sekolah.

Install wordpress di cpanel hosting
Cara Membuat Web Sekolah

Cara install WordPress Untuk website Sekolah

Panduan install wordpress, jika sudah menyewa hosting dan domain otomatis akan mendapatka fitur cpanel dari penyedia layanan hosting.

  1. Silahkan login pada halaman c-panel. menggunakan password dan username yang diberikan oleh penyedia hosting.
  2. selanjutnya pada cpanel cari softaculous app installer pilih wordpress tunggu sampai proses selesai. Jika sudah selesai akan diarahkan kehalaman namasekolah.sch.id/wp-admin silahkan login dan dengan username password yang sudah dibuat.
  3. Silahkan desain dengan bagus dan menarik, posting data awal sekolah sebagaimana diatas. Gunakan foto-foto terbaik kegiatan siswa atau sekolah.
Baca Juga:   Netflix Kehilangan 970 Ribu Pelanggan, Terparah Sepanjang Sejarah

Cara Membuat Web Sekolah Gratis

Membuat website sekolah gratis atau tanpa bayar dengan menggunakan platfrom wordpress.com atau blogspot.com sebetulnya sangat bisa. Anda tinggal menyusaikan desain dan layout yang sesuai denga kebutuhan sekolah.

Kekurangan dari platform gratis adalah website gratis akan menggunakan subdomain dari wordpress atau blogspot. contoh: namasekolah.blogspot.com atau namasekolah.wordpress.com.

Tapi sekolah juga bisa upgrade dengan membeli domain sekolah.sch.id dengan masih tetap menggunakan platform wordpress.com dan blogspot.

Kelebihan menggunakan platform gratis, anda tidak pernah ditagih pembayaran bulanan atau tahunan hosting dan domain.

Cara Membuat website Sekolah Sendiri Gratis

Anda juga bisa membuat website sekolah anda sendiri dengan menggunakan bahasa pemograman yang anda kuasai. Jika ingin membuat website Sekolah statis dan tidak sering update konten bisa menggunakan bahasa Html yang sederhana.

Jika exspert coding tentu akan lebih bagus lagi dalam membuat website sekolah dengan berbagai fitur yang dibutuhkan sekolah. Anda juga bisa menambah gitur elearning, ppdb, absensi dll.

Bahkan anda bisa membuat media pembelajaran digital secara online yang menarik bagi siswa dan peserta didik.

Semoga bermanfaat bagi sekolah dan pendidikan Indonesia.

TeknologiCara Membuat Web Sekolah Dengan Wordpress

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini