Cara Membuat Masker Putih Telur Atasi Beragam Masalah Kulit

Jangan hanya menggunakan perawatan kulit Sesuai dengan jenis kulit Anda, Anda bisa merawat wajah dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat di rumah. Anda bisa menggunakan masker alami untuk membuat kulit lebih sehat dan cerah.

Masker alami untuk wajah biasanya menggunakan sayuran hingga buah-buahan. Tak hanya itu, telur dan madu juga bisa menjadi beberapa bahan alami untuk masker wajah. Biasanya bagian telur yang digunakan adalah putih telurnya.

Bahan utama putih telur adalah protein. Putih telur dipercaya dapat membuat kulit wajah lebih kencang dan cerah dengan penggunaan masker putih telur secara rutin. Berikut beberapa cara membuat masker putih telur yang dilansir dari Halodoc dan Alodokter:

Cara Membuat Masker Putih Telur

Untuk membuat masker putih telur sebenarnya bisa dilakukan dengan mengoleskan putih telur langsung pada wajah. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan, putih telur biasanya dicampur dengan bahan-bahan alami lainnya.

Untuk masker putih telur biasa, cukup kocok putih telur sampai mengembang, lalu oleskan tipis-tipis pada area wajah. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air hangat.

Kulit wajah kering

Untuk kulit wajah kering, masker putih telur bisa dicampur dengan madu, sehingga bisa melembabkan kulit dan mencegah infeksi bakteri penyebab jerawat.

Berikut langkah-langkahnya:

– Ambil putih telur.

– Campurkan 1 sendok teh (sdt) madu ke dalam putih telur dan kocok rata.

Baca Juga:   Telkom Paparkan Solusi Smart City di London Tech Week 2022

– Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.

– Bilas dengan air hangat.

Kulit wajah berminyak

Untuk kulit berminyak, masker putih telur bisa ditambahkan perasan jeruk lemon. Berikut langkah-langkahnya:

– Ambil putih telur.

– Tambahkan setengah lemon ke putih telur, kocok rata.

– Oleskan masker pada wajah dan biarkan selama kurang lebih 10 menit.

– Bilas dengan air hangat.

Kulit wajah kombinasi

Kulit kering dan berminyak juga bisa menggunakan masker putih telur dalam perawatan kulitnya, caranya:

– Ambil putih telur.

– Tambahkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh jus lemon ke putih telur.

– Kocok hingga rata.

– Oleskan secara lembut pada area wajah dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.

– Bilas dengan air hangat.

Manfaat Masker Putih Telur

Putih telur bisa menjadi sumber nutrisi yang baik untuk kulit wajah. Gathering Hello Sehat dan berbagai sumber terkait lainnya, berikut adalah manfaat masker putih telur untuk wajah.

1. Menyerap minyak berlebih

Kabar baik Anda memiliki jenis kulit berminyak. Masker putih telur bisa dijadikan pilihan pengobatan untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Kemampuan ini didapat dari kandungan protein albumin putih telur.

Albumin yang dioleskan ke wajah berfungsi mempersempit pembuluh darah di bawah permukaan kulit. sehingga aliran darah menjadi lancar, kulit terasa kencang, dan pori-pori mengecil.

2. Membasmi komedo putih

Komedo putih (kepala putih) termasuk jenis komedo yang membandel di wajah. kepala putih muncul, salah satunya karena pori-pori tersumbat oleh minyak, sisa-sisa riasan wajah, sel kulit mati, hingga kotoran yang menempel di wajah.

Komedo putih bisa diberantas dengan masker yang terbuat dari campuran putih telur dan lemon. Namun, perlu kehati-hatian bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Baca Juga:   Cara Transfer Pulsa ke DANA Melalui Aplikasi dan Website

3. Mengencangkan kulit

Selain menyerap minyak dan menghilangkan komedo, albumin dalam putih telur juga bisa membantu mengencangkan kulit yang kendur.

Tak hanya itu, manfaat masker putih telur lainnya juga ampuh melawan berbagai tanda penuaan, mulai dari mengangkat sel kulit mati hingga menyamarkan garis halus.

4. Mengurangi garis-garis halus

Kandungan vitamin A pada putih telur ternyata mampu menyamarkan munculnya garis-garis halus pada kulit wajah. Selain itu, vitamin A dapat membantu mengurangi kerutan untuk melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

Namun, tidak ada bukti medis yang dapat mengkonfirmasi kemampuan putih telur untuk menghilangkan kerutan secara permanen.

5. Melembabkan kulit

Kandungan protein yang tinggi pada putih telur menjadikannya bahan utama bagi wanita yang ingin mendapatkan kulit yang lembab. Lapisan kulit paling atas akan menyerap air yang ada di permukaan kulit sehingga kulit terasa lebih lembap.

6. Mencegah Jerawat

Masker putih telur dipercaya dapat membersihkan, menghilangkan kotoran dan menyerap minyak berlebih pada wajah penyebab jerawat. Selain itu, senyawa antibakteri, lisozim, dalam putih telur dipercaya dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

Namun, tidak ada bukti ilmiah untuk mengkonfirmasi hal ini.

Risiko Masker Putih Telur

Meski diyakini menyehatkan dan menjadi alternatif perawatan wajah, hanya ada sedikit bukti bahwa perawatan masker putih telur benar-benar berhasil. Masker wajah putih telur memilih risiko potensial, termasuk:

– Gejala intoleransi telur.

– Reaksi alergi.

– Infeksi Salmonella.

– Infeksi.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan masker putih telur ada baiknya membersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun wajah, cuci tangan sampai bersih, dan yang terpenting konsultasikan ke dokter untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi.

Baca Juga:   Persiapan Operasi Kereta Api di Sulawesi, KAI Kolaborasi dengan Unhas

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Cara Membuat Masker Putih Telur Atasi Beragam Masalah Kulit

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaCara Membuat Masker Putih Telur Atasi Beragam Masalah Kulit

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini