Schmu.id, Teknologi :: Cara Content Creator Membuat Profitable Content di TikTok. Content Creator adalah seseorang yang membuat konten hiburan/edukasi untuk dikonsumsi oleh audiens melalui platform digital. Ada banyak platform untuk pembuatan konten, seperti blog, Instagram, Facebook, YouTube, Pinterest, dll.
Saat ini, salah satu platform penyedia konten paling populer di Indonesia adalah aplikasi TikTok. TikTok adalah platform yang berisi konten video pendek. Jadi, pembuat konten harus membuat konten dalam bentuk video.
Untuk menjadi content creator TikTok yang sukses, setidaknya Anda harus menguasai keterampilan dalam membuat profitable content atau konten yang menguntungkan. Simak ulasannya berikut ini!
Cara Membuat Profitable Content untuk Content Creator
Cara menjadi content creator di TikTok bisa dibilang susah-susah gampang. Jika dilihat sekilas, menjadi content creator TikTok mudah saja. Tinggal gerak / goyang mengikuti irama, posting, selesai.
Namun, dengan konsep seperti itu, belum tentu Anda bisa menjadi content creator yang sukses dan mendapatkan penghasilan. Karena ada syarat monetisasi TikTok yang harus dipenuhi, jangan asal membuat konten saja.
Nah, jika Anda ingin memulai profesi sebagai content creator TikTok dari awal, silahkan ikuti langkah-langkah untuk membuat konten yang profitable atau menguntungkan berikut ini :
1. Menentukan Topik
Umumnya, content creator identik dengan satu topik atau niche saja. Jadi, Anda bisa memilih 1 topik yang akan menjadi karakter atau ciri khusus dari konten tersebut.
Untuk menentukan topik yang akan dibahas, Anda bisa menyesuaikan dengan passion atau minat Anda sendiri atau membuat konten yang berhubungan dengan personal branding. Seperti contoh, jika Anda tertarik dengan dunia kuliner, maka Anda bisa membuat berbagai konten video tentang review makanan.
2. Membuat Konten Sesuai Niche yang Dipilih
Setelah menentukan topik, jangan tunggu lama, segera buat konten video pendek yang relevan dengan niche pilihan Anda. Idealnya, durasi konten video TikTok berkisar antara 11 detik hingga maksimal 3 menit.
Agar tidak bingung, sebagai awalan Anda bisa menjiplak format atau rangkaian video yang memiliki niche yang sama dengan viewer tinggi di TikTok. Tapi, cobalah untuk tidak menjadi sama persis. Setidaknya harus ada improvisasi agar tidak terlalu terlihat mirip.
3. Memiliki Ciri Khas
Selanjutnya memiliki ciri khas juga perlu diperhatikan. Meskipun sudah banyak content creator lain yang membuat konten dengan topik yang sama, Anda harus memiliki ciri khas yang dapat membedakan Anda dengan content creator lainnya.
Hal ini agar konten-konten Anda dapat diingat dan memiliki kesan dengan viewer di TikTok. Dengan begitu personal branding yang Anda buat akan berhasil, sehingga kemungkinan konten Anda sukses akan semakin besar.
4. Konsisten
Kemudian menjadi konten kreator TikTok harus konsistensi. Ya, konsistensi adalah kuncinya. Satu-satunya cara agar Anda bisa konsisten adalah dengan rajin membuat dan memposting konten secara rutin dan teratur.
Jangan pernah menyerah jika konten Anda tidak berhasil di awal. Karena tidak ada proses yang instan begitu saja. Sukses membutuhkan usaha dan kesabaran. Untuk itu usahakan membuat jadwal rutin posting dan ikuti jadwal tersebut secara rutin dan teratur.
Step Membuat Konten
Berikut ini step membuat profitable content untuk content creator:
1. Menentukan Hook, Story, Offer
Untuk step membuat konten yang menguntungkan atau menghasilkan yang pertama adalah harus menentukan hook, story, dan offer atau ending. Sebenarnya format hook, story, offer Ini biasa digunakan untuk berjualan, namun karena tidak semua konten itu berjualan jadi bisa juga disebut dengan ending.
- Hook : 3 detik pertama harus bisa membuat orang berhenti scroll dan tertarik menonton sampai habis.
- Story : Isi cerita harus relate dan menarik. Bisa membuat orang menonton sampai habis dan tertarik dengan konten Anda.
- Offer : Ending dari story. Bisa berupa pernyataan, ajakan, atau ending dari isi cerita.
Anda bisa membedah konten dari content creator yang telah memiliki views banyak bahkan sudah terkenal bagaimana mereka membuat konten.
2. Membuat Script
Sangat penting sebelum membuat video untuk menyiapkan script yang ingin Anda lakukan. Hal ini agar Anda tidak merasa bingung saat berada di depan kamera.
Pastikan isi script singkat, padat, jelas, dan tulis garis besarnya saja sehingga audiens dapat dengan mudah memahami apa yang Anda sampaikan. Dan juga, buatlah script semenarik dan sedetail mungkin agar penonton mengetahui isi yang Anda sampaikan.
3. Menentukan Footage
Footage atau video Footage adalah sebuah rekaman video mentah yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Footage berdurasi beberapa detik saja dan memiliki tema. Anda bisa menentukan dan memilih footage apa aja yang dipakai dan dimana peletakkannya di konten Anda.
4. Editing
Step selanjutnya adalah proses editing, pada aplikasi TikTok sudah memiliki banyak fitur pembuatan dan editing video yang dapat membantu menghasilkan konten berkualitas. Dari gratis hingga berbayar.
Namun, tidak ada salahnya menggunakan aplikasi lain untuk membuat konten Anda lebih menarik dan berbeda dari yang lain. Tampilan konten yang baik bisa menjadi salah satu daya tarik, selain isi konten yang menarik.
Beberapa aplikasi edit video yang bisa Anda jadikan referensi antara lain VN, YouCut, dan Capcut. Beberapa aplikasi ini dapat membantu Anda membuat konten yang lebih kaya dan bervariasi.
Cara Monetisasi Konten
Secara umum, memonetisasi akun TikTok memang menguntungkan dan mudah untuk dilakukan. Namun, bagaimana cara mendapatkan uang dari media sosial TikTok? Berikut adalah cara mendapatkan uang dari TikTok.
1. Mendapatkan komisi dari affiliate produk
Yang pertama bisa mendapatkan komisi dari affiliate produk. Selain menjadi content creator juga bisa menjadi affiliate marketer. Dengan menjual produk orang lain, kemudian jika terjadi penjualan content creator akan mendapatkan komisi.
2. Siaran Langsung atau Live Streaming di TikTok
Hasilkan uang dengan streaming langsung di akun TikTok Anda. Prasyaratnya adalah Anda sudah memiliki setidaknya 1.000 pengikut untuk memonetisasi konten Tiktok.
Pengikut dapat memberikan koin atau gift kepada pembuat konten video langsung. Sebagai pembuat konten TikTok, Anda akan menerima donasi yang dapat ditukar dengan uang sungguhan.
Bagaimana cara mendapatkan lebih banyak orang untuk menonton streaming langsung? Tayangkan pada waktu yang tepat, posting video saat streaming langsung, gunakan hashtag, dan koneksi cepat.
3. Endorsement
Konsep kolaborasi tentu sudah tidak asing lagi dan sering dijumpai di platform media sosial lain seperti Instagram, Twitter, atau YouTube.
Istilah umum untuk kolaborasi dengan brand adalah endorsement. Anda dapat memonetisasi TikTok dengan mempromosikan, memberi peringkat, atau merekomendasikan produk dan merek tertentu di akun Anda. Semakin banyak pengikut yang Anda miliki, semakin tinggi harga video konten TikTok Anda.
4. Pembuatan Merchandise
Jika Anda sudah memiliki banyak pengikut, maka Anda dapat menghitungnya sebagai basis penggemar. Anda dapat membuat dan menjual barang-barang khusus. Misalnya, Anda bisa membuat merchandise seperti kaos, tas, topi, mug, dan lainnya.
Anda bisa menjual produk dalam jumlah terbatas untuk memberikan kesan mewah. Membuat produk akan membuat nama Anda sebagai TikTokers semakin populer karena pengikut Anda secara tidak langsung akan mempromosikan Anda saat menggunakan produk tersebut.
5. Kolaborasi dengan influencer TikTok
Cara memonetisasi TikTok lainnya yang bisa Anda lakukan adalah berkolaborasi dengan influencer TikTok lainnya. Baik itu konten video ataupun konten live streaming yang bertujuan untuk dapat membuat konten bersama dan membuat video dan live streaming yang memukau.
Kolaborasi semacam itu tidak hanya akan dilihat oleh pengikut Anda, tetapi juga pengikut influencer. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak pengikut. Kolaborasi ini dapat dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dengan tema yang berbeda.
Baca Juga : Ini Profitable Content System Untuk Berjualan di TikTok
Kesimpulan
Menjadi content creator tidak harus selalu memikirkan uang terlebih dahulu. Maka dari itu disarankan membuat konten yang sesuai dengan hobi, passion atau sesuatu yang disenangi. Bisa memulai dari sesuatu yang dekat dengan Anda, karena walaupun belum ada uangnya akan tetap senang untuk melakukannya.
Menentukan target market, memiliki ciri khas, konsisten dan kreatif juga perlu diterapkan untuk membuat konten yang profitable. Dan yang terakhir cobalah latihan untuk membuat hook, story, dan offer apa yang menarik untuk target market Anda.
Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara content creator membuat profitable content atau konten yang menguntungkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!