BPM dan SPI Umsida Adakan Pelatihan Audit Keuangan

Schmu.id – Perkembangan sistem pengendalian intern dan tuntutan pihak eksternal semakin berkembang seiring dengan perubahan Peraturan Pemerintah yang dipengaruhi oleh peningkatan kinerja sistem pengendalian intern Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, Satuan Pengawas Intern (SPI) dan Badan Penjaminan Mutu (BPM) Umsida mengoptimalkan peran auditor internal untuk meningkatkan kinerja organisasi (akademik & nonakademik) di lingkungan Universitas dengan pelatihan audit keuangan internal, Rabu (03/08) .

Pelatihan ini merupakan bentuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas internal auditor Umsida. Peningkatan kinerja pengendalian intern juga merupakan salah satu aspek dalam rangka perbaikan tata kelola kelembagaan sehingga mampu mendorong terciptanya Tata Kelola Universitas yang Baik (GUG).

Ruci Arizanda Rahayu SE MSA Ak CA, Ketua SPI Umsida menyampaikan tujuan diadakannya acara ini, “Dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi, kami melaksanakan Diklat Internal Audit Keuangan dengan mengundang narasumber dari Badan Pengawas Internal (BPI) Universitas Airlangga Surabaya,” ujarnya.

Hasil dari kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan SPI ke depan dan memberikan acuan bagi implementasi SPI di Umsida.
Kegiatan pelatihan ini terbagi menjadi 2 sesi, sesi pertama terkait optimalisasi peran internal auditor keuangan dan sesi kedua terkait manajemen risiko.

Pembicara dalam pelatihan ini, Aditya Permana SE MA Ak CA CPA CRMO GIA, Auditor BPI Unair menyampaikan bahwa terjadi pergeseran filosofi audit internal, dari paradigma lama ke paradigma baru. Dalam paradigma baru, audit internal merupakan profesi yang memiliki standar profesi dan kode etik yang harus dijalankan secara konsisten dan konsisten. Sedangkan pada paradigma lama, auditor internal hanya berfungsi membantu manajemen puncak dalam mengamankan aset (penjagaan aset) dan mengawasi jalannya Universitas.

Auditor internal tidak bisa lagi hanya bertindak sebagai anjing penjaga saja, tetapi memiliki peran sebagai strategic partner management. Dengan demikian, pergeseran filosofi internal audit dari paradigma lama ke paradigma baru ditandai dengan perubahan orientasi dan peran profesi.

Baca Juga:   Vale dan Huayou Bangun Smelter Nikel Pomalaa Tanpa Pembangkit Listrik Tenaga Batubara

Mendukung pernyataan di atas, Kepala BPM Umsida Dr Nurdyansyah, SPd MPd dalam penyampaian materi terkait manajemen risiko juga menyampaikan bahwa Auditor Internal harus mampu mengidentifikasi risiko yang dihadapi UPPS/UPPA agar dapat memberikan rekomendasi dan umpan balik untuk meningkatkan kinerja organisasi. (Etika)

*Humas Umsida

Berita ini kami Kurasi dari umsida.ac.id dengan judul aseli BPM dan SPI Umsida Adakan Pelatihan Audit Keuangan

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaKampusBPM dan SPI Umsida Adakan Pelatihan Audit Keuangan

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini