Berapa Jumlah Pemain Futsal dan Posisinya yang Perlu Diketahui

Schmu.id, Berapa Jumlah Pemain Futsal dan Posisinya yang Perlu Diketahui – Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan permainan futsal. Sekilas, olahraga ini menyerupai sepak bola. Padahal, futsal dan sepak bola itu berbeda.

Salah satu perbedaannya adalah jumlah pemain futsal dan sepak bola. Jumlah pemain sepak bola adalah 11 orang, sedangkan pertandingan futsal hanya diisi lima orang per tim.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas beberapa hal tentang permainan futsal. Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Futsal?

Istilah “futsal” berasal dari bahasa Spanyol atau Portugis, futbol dan sala. Futsal adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim terdiri dari lima anggota

Tujuan permainan ini sama dengan sepak bola, yaitu mencetak gol ke gawang lawan. Tim dengan jumlah gol terbanyak, akan keluar sebagai pemenang.

Di lapangan, pemain yang bertugas menyelesaikan pertandingan hanya lima orang. Namun di luar lapangan, setiap tim bisa mendatangkan pemain cadangan.

Berapa Jumlah Pemain Futsal dan Posisinya

Jumlah Pemain Futsal dan Posisinya yang Perlu Diketahui
Jumlah Pemain Futsal dan Posisinya yang Perlu Diketahui

Jumlah pemain futsal adalah lima pemain per tim. Para pemain dibagi menjadi empat posisi dengan tugas yang berbeda. Adapun kedudukan pemain dalam permainan futsal adalah sebagai berikut :

1. Posisi Kiper

Penjaga gawang adalah posisi yang tugasnya menggiring bola ke dalam agar tidak masuk ke gawang. Selain itu, penjaga gawang dalam permainan futsal juga bertugas membantu serangan tim.

Baca Juga:   Beasiswa Untuk Kuliah S1 Di Jerman, Ada Incaranmu?

Oleh karena itu, penjaga gawang futsal harus memiliki visi yang baik, akurasi umpan, akurasi tembakan, dan kemampuan membaca situasi. Selain itu, penjaga gawang memiliki keistimewaan untuk bisa menyentuh bola dengan tangannya saat bermain di lapangan.

2. Posisi jangkar

Posisi pemain futsal selanjutnya adalah anchor. Posisi ini memiliki peran ganda, yaitu pemain bertahan sekaligus pemain yang bertugas mengatur serangan. Dengan kata lain, posisi jangkar ini digabungkan antara kembali dan gelandang dalam sepak bola.

Tugas ganda membuat jangkar harus memiliki kemampuan yang baik dalam penguasaan bola. Tidak hanya itu, jangkar juga harus memiliki kekuatan tersendiri karena jangkar termasuk dalam posisi pertama dalam memulai serangan.

Ketika sebuah tim menerima serangan dari lawan, jangkar juga bertanggung jawab sebagai pemain bertahan. Hal ini pula yang membuat anchor harus memiliki kemampuan bermain yang baik.

3. Posisi sayap

Posisi selanjutnya adalah sayap. Posisi ini diisi oleh dua pemain yang umumnya berada di sisi kiri dan kanan lapangan. Tugas posisi flank tidak hanya untuk menyerang, tetapi juga menjadi penghubung antara anchor dan pivot atau pemain depan.

Pemain yang berada di posisi flank harus memiliki kemampuan menguasai bola dengan sempurna. Tidak hanya itu, kecepatan bermainnya juga harus bagus. Pemain di posisi ini juga sering diandalkan untuk mencetak gol.

4. Posisi Pivot

Posisi pivot dalam permainan futsal adalah pemain depan atau pemain penyerang. Seperti namanya, pemain di posisi ini bertugas untuk memaksimalkan atau menyelesaikan peluang, sehingga menciptakan gol bagi tim.

Seseorang yang menempati posisi ini juga harus memiliki keseimbangan tubuh bagus. Berguna untuk menghadapi dan menyembuhkan sistem pertahanan lawan dengan mudah. Tidak hanya itu, pemain pivot juga harus memiliki insting dan keberanian yang kuat untuk menyelesaikan peluang yang kuat dan akurat.

Baca Juga:   Beasiswa Kuliah Di Korea Selatan 2022 Untuk S2 dan S3

Sama seperti jangkar, posisi pivot juga dapat mengontrol permainan. Pasalnya, pivot menjadi pemain pertama yang bisa menghentikan serangan lawan sebelum tim lawan mencapai area bermain kita.

Perbedaan Permainan Futsal dan Sepak Bola

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa permainan futsal sekilas mirip dengan sepak bola. Padahal, kedua permainan tersebut berbeda. Adapun perbedaan antara futsal dan sepak bola, sebagai berikut:

1. Ukuran Bidang

Perbedaan pertama antara futsal dan sepak bola adalah pada area bermainnya. Dalam permainan sepak bola, ukuran lapangan adalah 90-129 meter dan lebar 45-90 meter. Sedangkan ukuran lapangan futsal 38-42 meter dan lebar 18-25 meter.

2. Jumlah Pemain

Perbedaan lain antara permainan futsal dan sepak bola adalah pada jumlah pemainnya. Pada suatu permainan sepak bola, jumlah pemain seluruhnya adalah 11 pemain. Sedangkan jumlah pemain futsal lebih sedikit yaitu hanya pemain liam saja. Hal ini dikarenakan ukuran lapangan futsal lebih kecil dari ukuran lapangan sepak bola.

3. Waktu Permainan

Selain ukuran lapangan dan jumlah pemain, perbedaan lain antara sepak bola dan futsal adalah waktu bermain. Dalam permainan futsal waktu bermainnya hanya 2 x 20 menit. Sedangkan untuk permainan sepak bola, durasi permainannya adalah 2 x 45 menit.

4. Pergantian Pemain

Dalam permainan futsal, sistem rotasi pemain tidak terbatas. Pemain yang telah meninggalkan lapangan untuk diganti dapat bermain kembali selama pertandingan berlangsung.

Baca juga: Berapa Jumlah Pemain Bola Basket?

Sedangkan dalam permainan sepak bola, pergantian pemain dibatasi. Jika seorang pemain telah diganti, maka pemain tersebut tidak dapat kembali ke lapangan untuk bermain.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Jumlah Pemain Futsal dan Posisinya yang Perlu Diketahui

Baca Juga:   Cara Menghitung Median Serta Pengertian dan Fungsinya

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

EdupediaBerapa Jumlah Pemain Futsal dan Posisinya yang Perlu Diketahui

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini