Bappepti Luncurkan Call Center, Siap Terima Aduan soal Robot Trading

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) meluncurkan layanan pengaduan bernama Lini Bappebti. Masyarakat bisa mengeluhkan masalah sistem resi gudang (RSG), pasar lelang komoditas (PLK), perdagangan berjangka, hingga robot perdagangan investasi.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan Lini Bappebti fokus melayani pengaduan terkait investasi perdagangan robot. Masyarakat dapat menghubungi empat nomor untuk mengakses layanan Bappebti Line, yakni 021-2301643, 021-2301654, 021-2301645, dan 021-2301663.

“Ada sekitar 480 keluhan terkait investasi perdagangan robot dari awal tahun ini baik dari sosial media maupun surel. Ini menjadi kesempatan bagi kami untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” kata Jerry saat Peresmian Call Center Bappebti, Kamis (23/6).

Jerry menuturkan, peresmian sambungan pengabdian masyarakat ini merupakan hasil dari beberapa tindak lanjut rapat dengan Komisi VI DPR RI terkait Bappebti. Namun, dia mengakui jawaban yang diberikan operator terkait pengaduan masyarakat kemungkinan tidak terlalu dalam.

Namun, Jerry mengatakan semua pengaduan yang diterima oleh operator Bappebti Line akan ditindaklanjuti oleh Bappebti. “Kami tidak bisa memberikan ekspektasi yang berlebihan, tapi kami harus memberikan informasi secara umum,” kata Jerry.

Lebih lanjut Jerry mengatakan akan mengeluarkan aturan khusus tentang investasi perdagangan robot agar memiliki dasar hukum yang lebih jelas. Hal ini dianggap penting agar masyarakat tidak terjerumus dalam investasi perdagangan robot bermasalah seperti Binomo.

Kepala Bappebti Plt Didid Noordiatmoko mengatakan layanan Bappebti Line hanya akan tersedia pada hari kerja atau pada hari Senin-Jumat. Selain itu, jam layanan tidak akan 24 jam atau hanya dari pukul 09:00 hingga 16:00.

Jalur Bappebti akan tersedia dalam dua shift yaitu pada pukul 09.00 – 12.00 WIB dan pukul 13.00 – 16.00 WIB pada hari Senin – Kamis. Sedangkan pelayanan pada hari Jumat pukul 09.00 – 12.00 WIB dan 13.30 – 16.00 WIB. Jalur Bappebti akan dilengkapi delapan orang yang dibagi menjadi dua tim. Setiap shift pelayanan Lini Bappebti akan dioperasikan oleh tim yang terdiri dari empat orang.

Baca Juga:   Sri Mulyani Pangkas Anggaran Kesehatan dan Bansos Covid-19 Tahun Depan

Anggota Komisi VI DPR, Mufti Anam, mengatakan peluncuran Bappebti Line memberikan harapan kepada masyarakat terkait perlindungan investasi. Mufti mengatakan, sebelumnya layanan pengaduan terkait investasi komoditas tidak diakomodasi oleh Kementerian Dalam Negeri.

“Ini harapan mereka, waktu mengadu sudah melalui kami (Komisi VI DPR),” kata Mufti itu kepada Katadata.co.id.

Reporter: Andi M. Arief

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli Bappepti Luncurkan Call Center, Siap Terima Aduan soal Robot Trading

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

BeritaBappepti Luncurkan Call Center, Siap Terima Aduan soal Robot Trading

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini