Apa itu Domain?, 1 Hal yang Harus Kamu Tahu, Aset Berharga!

Apa itu Domain? — Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi jaringan tanpa menggunakan protokol internet (IP), mengingat bahwa IP biasanya menggunakan angka yang sulit dihafal.

Di dunia internet, domain merupakan aspek penting dalam a situs web. Fungsinya sebagai alamat yang memudahkan pengunjung menemukan informasi yang diinginkan.

Apa itu Domain dan Hosting ?

Apa itu domain ?,Perkembangan domain saat ini sangat meningkat dari tahun ke tahun. Pertama, domain mulai digunakan pada tahun 1985 oleh perusahaan komputer dari Massachusetts, Amerika Serikat bernama Symbolics.com. Pada akhir tahun 1985 hanya ada enam domain yang terdaftar. Namun, saat ini ada ratusan juta domain yang terdaftar di seluruh dunia, meskipun menurut Slashdot, sekitar 50.000 sudah tidak aktif.

apa itu domain

Apa itu Domain?

Bagi Anda yang ingin membuatnya situs web, ada baiknya mengetahui lebih dalam apa domain dan seluk beluknya. Mulai dari jenis yang paling banyak digunakan, cara memilih nama yang efektif hingga memilih penyedia layanan hosting untuk mendapatkan domain. Ulasan berikut bisa Anda lihat.

Jenis-jenis Domain

Apa itu domain, sebagai bagian dalam situs web, domain tidak berdiri sendiri. Setidaknya ada tiga jenis domain paling sering digunakan. Yaitu domain tingkat atas, domain tingkat kedua, dan domain tingkat ketiga. Adakah dan bagaimana penjelasan ketiganya? Domain Sekolah Gratis dan Hosting untuk Web Sekolah Muhammadiyah

Domain tingkat atas (TLD) adalah ekstensi yang terletak di akhir nama domain. Misalnya, dalam “www.schmu.id, “ TLD yang disebut adalah akhiran “.com.” TLD itu sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu Domain Tingkat Tinggi Global dan Domain Tingkat Kode Negara.

Baca Juga:   Inilah 5 Aplikasi Android Solusi Mengatur Keuangan Bulananmu

Kategori Domain Tingkat Tinggi Global biasanya menggunakan domain seperti .com, .net, .org, .edu, dan sebagainya. Domain .com digunakan untuk situs web komersial, sedangkan .net digunakan untuk situs web jaringan, dan .edu untuk pendidikan. Ada juga domain lain seperti .org untuk organisasi, .mil untuk situs angkatan bersenjata dan sebagainya.

Sementara itu, Domain Tingkat Kode Negara lebih sering digunakan untuk domain lokal di negara-negara tertentu. Misalnya, .id untuk domain Indonesia, .cn untuk Cina, dan .my untuk Malaysia. Domain untuk situs web pemerintah dan lembaga pendidikan negara juga menggunakan ekstensi Domain Tingkat Kode Negara.

  • Domain Tingkat Kedua (SLD)

Jenis domain berikutnya adalah Domain Tingkat Kedua, biasa disebut sebagai SLD atau “2LD.” SLD mengacu pada nama agensi, organisasi, atau nama pilihan yang digunakan. Saat menyalin dari nama domain pada poin di atas, “schmu” adalah SLD yang dimaksud. Penting bagi Anda untuk membuat SLD yang mudah diingat, diketik, dan dieja oleh pengunjung. Karena itu, Anda harus menggunakan nama yang akrab dan tidak terlalu panjang. Anda dapat membuat domain SLD ini dengan mendaftar dan membelinya. Jangan lupa, lakukan pembaruan rutin setidaknya selama satu tahun.

Umumnya Domain Tingkat Ketiga atau 3LD ini adalah nama domain yang Anda berikan sebelum TLS dan SLD. Misalnya, jika Anda membuatnya untuk digunakan surel, Anda dapat menambahkan webmail.namadomain.com. Demikian pula untuk hal-hal lain seperti blog (blog.domainname.com), promo (promo.domainname.com), dan sebagainya. Di dunia internet, 3LD juga sering disebut sebagai subdomain. Nama dapat dibuat sesuai kebutuhan setelah Anda memiliki SLD. 

apa itu domain dan fungsinya
nama-nama domain

Kiat untuk Nama Domain yang Efektif

Apa itu domain?, Domain penting untuk dibangun situs web jadi itu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Karena, jika ada situs web dengan nama domain yang sama, itu tidak akan digunakan. Nama domain di internet juga diatur oleh lembaga internasional khusus yaitu Internet Corporation untuk Nama dan Nomor yang Ditugaskan . Karena itu, untuk membuat nama domain, pertimbangkan hal berikut:

  • Buat nama yang mudah diingat

Langkah pertama adalah menentukan nama domain yang dibuat. Usahakan namanya tidak terlalu rumit dan mudah diingat. Jika domain sulit diingat, dieja atau diketik tentu akan membuat pengunjung kesulitan.

Baca Juga:   Cara Download Video Youtube Dengan Cepat dan Hemat

Biasanya, pembaca lebih suka nama yang tidak panjang dan unik. Semakin unik nama yang digunakan akan membuat calon pengunjung semakin tertarik. Namun, Anda harus memilih nama yang sesuai dengan isi situs web prospektif dan memilih nama yang sesuai dengan norma dan tidak bertentangan dengan hal-hal yang dapat menyinggung SARA.

  • Tentukan target pengguna berdasarkan area

Kedua, Anda juga perlu menentukan audiens target Anda situs web berdasarkan area. Jika target yang ingin dicapai adalah pemirsa di Indonesia, maka Anda dapat menggunakan nama domain dalam bahasa Indonesia. Jangan lupa juga, gunakan itu kata kunci yang menjadi topik yang sedang tren dan sering muncul di mesin pencari. Untuk yang ini, Anda perlu menggunakan beberapa alat dalam melihat seberapa besar volume kata kunci yang sering digunakan.

  • Kustomisasi konten situs web

Last but not least adalah, buat nama yang cocok dengan konten situs web. Misalnya, jika situs web-Anda dibuat untuk produk mode, lalu cari nama tertentu yang sesuai dengan tren mode. Contoh lain, kita dapat mengambil dari nama “schmu.” Hanya dengan melihat namanya, pikiran kita langsung tertarik situs web yang menyediakan layanan hosting awan ddengan kualitas terbaik di Indonesia. Nama tersebut setidaknya menjadi ciri khas dan dapat menentukan target, baik dari sisi target pasar dan area target.

Memilih Layanan Hosting Terbaik untuk Membuat Domain

Apa itu Domain?, Domain adalah elemen terpenting yang memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pengguna situs web. Karena itu, Anda perlu menggunakan layanan hosting awan terbaik di Indonesia sehingga Anda tidak salah memilih. Mempertimbangkan banyak penyedia layanan hosting menyediakan layanan yang berbeda. Setidaknya di sini ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih layanan hosting terbaik saat membuat domain untuk situs web-anda.

Baca Juga:   10+ Cara Agar Website Muncul di Pencarian Google Gratis

Saat ini, banyak perusahaan menawarkan layanan terbaik untuk menemukan pelanggan potensial. Jika Anda tertarik menggunakan layanan hosting situs web, langkah pertama yang dapat Anda ambil untuk memilih hosting untuk domainnya Anda harus benar-benar selektif dalam memilihnya. Karena itu, rajin mencari informasi tentang promo paket hosting dari berbagai sumber yang bisa Anda temui. Selain itu, secara selektif pilih penyedia yang tepercaya dan memiliki reputasi baik. Cari testimonial dari pengguna lain, jika banyak testimonial menunjukkan hal-hal positif mengapa tidak memilih layanan hosting itu.

  • Pilih domain dan harga sesuai kebutuhan

Tidak hanya dalam hal spesifikasi dan reputasi, juga penting untuk mempertimbangkan harga yang sesuai anggaran. Harga setiap domain bervariasi, tergantung pada penggunaan dan kebutuhan mulai dari puluhan dan ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Biasanya harga berlaku selama satu tahun. Beberapa domain, seperti .id dan .com, memiliki harga yang cukup tinggi karena banyak digunakan dan sangat efektif untuk pencarian. Karena itu Anda harus tahu daftar harga ditawarkan oleh penyedia layanan hosting itu. 

baca juga: Cara Memilih dan Mengganti Theme WordPress

Domain adalah hal-hal penting yang tidak boleh Anda lupakan ketika Anda akan membuat situs web. Setelah Anda berhasil memilih dan membeli domain sesuai dengan keinginan Anda, jangan lupa untuk mengisi situs web dengan konten yang bisa menjadi manfaat positif bagi pembaca. Karena, semuanya akan berharga ketika dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda sebelum membuat situs web. Semoga berhasil!

penjelasan diatas membahas apa itu domain dan fungsinya, semoga bermanfaat.

editor: buya sorta

buat website sekolah gratis di schmu.id

TeknologiApa itu Domain?, 1 Hal yang Harus Kamu Tahu, Aset Berharga!

Terkini

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini