8 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Rambut sehat adalah dambaan setiap orang. Selain mempercantik penampilan, rambut di kepala berfungsi untuk menjaga kulit kepala tetap hangat dan memberikan sedikit bantalan untuk tengkorak. Oleh karena itu, penting untuk merawat rambut dan kulit kepala agar tetap sehat.

Banyak orang menghadapi masalah ujung rambut yang kering dan bercabang. Masalah ini terjadi ketika kulit kepala tidak menghasilkan cukup minyak alami untuk melembabkan helaian rambut. Ada banyak penyebab ujung rambut kering dan bercabang, yaitu:

  • Kekurangan vitamin dan protein.
  • Gunakan pengering dan penata rambut (pengering, pengeriting, rol listrik, pelurus rambut) pada pengaturan panas yang terlalu tinggi.
  • Terlalu sering menggunakan penata rambut panas.
  • Kondisi iklim yang sangat dingin atau panas.
  • Berenang di air yang mengandung klorin.
  • Cuci rambut Anda terlalu sering.

Rambut kering dan bercabang harus segera diatasi. Jika dibiarkan, rambut bisa menjadi rapuh, mudah patah, dan kusut. Untuk itu simak cara mengatasi rambut kering dan bercabang di bawah ini.

1. Kurangi frekuensi keramas

Orang dengan ujung kering dan bercabang tidak perlu bercukur setiap hari. Di sisi lain, jarang keramas akan membantu menjaga minyak alami di kulit kepala dan menjaga kelembapan rambut. Untuk orang yang memiliki ujung rambut kering dan bercabang, lakukan keramas setiap 5-7 hari sekali agar minyak rambut alami dapat tertahan di kulit kepala.

2. Potong rambutmu

Rambut kering dan bercabang mungkin perlu ditata ulang dengan memotongnya. Rambut bercabang tidak dapat diperbaiki. Satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk menghadapinya adalah dengan memotongnya. Tren terbaru untuk menghilangkan ujung bercabang adalah apa yang disebut proses velaterapiajuga dikenal sebagai “pemotongan lilin”.

Baca Juga:   Di Tepi Sungai Aare, Ridwan Kamil dan Keluarga Salat Gaib untuk Eril

3. Gunakan minyak argan

Minyak argan kaya akan vitamin E yang memberikan lapisan lemak pada rambut dan kulit kepala, sehingga dapat membantu mengatasi rambut kering, meningkatkan kilau, dan mencegah rambut bercabang.

Minyak argan bekerja paling baik pada rambut basah. Gerimiskan minyak argan pada tangan, gosokkan kedua telapak tangan dan sisir jari-jari pada helaian rambut. Pastikan untuk memijatnya ke kulit kepala untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

4. Gunakan kondisioner

Kondisioner memiliki alkohol lemak, humektan, dan minyak untuk membuat rambut lembut dan fleksibel. Beberapa produk kondisioner memiliki protein untuk mengikat sementara ujung rambut kusut. Ada juga kondisioner yang memiliki pengental untuk membuat rambut terasa lebih tebal. Untuk rambut kering, gunakan kondisioner dan tutupi kepala Anda dengan topi mandi. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

5. Masker rambut

Helaian rambut kering membutuhkan kelembapan ekstra yang didapat dengan menggunakan masker rambut. Pasien dengan rambut kering dapat menggunakan masker rambut dua kali seminggu.

Masker rambut dapat membantu melembabkan dan menutrisi rambut, sangat bermanfaat untuk rambut kering, rusak, atau keriting. Beberapa masker rambut bahkan dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala dan membuat rambut kuat.

Gunakan masker rambut selama tiga sampai lima menit. Namun, jika rambut terasa sangat kering, Anda bisa membiarkannya meresap ke dalam rambut basah selama 15 hingga 20 menit.

6. Konsumsi vitamin

Penderita rambut kering sebaiknya memprioritaskan peningkatan konsumsi vitamin A. Vitamin ini dianggap sangat penting untuk semua sel dalam tubuh dan berhubungan dengan membantu kelenjar kulit membuat sebum. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi biotin, vitamin B esensial yang diketahui penting dalam pertumbuhan rambut dan kuku.

Baca Juga:   Pelaku Perjalanan Internasional dan Domestik Tak Perlu Lagi Tes Covid

Kekurangan vitamin tertentu dapat menyebabkan rambut rontok atau rambut tipis dan rapuh. Oleh karena itu, mengonsumsi vitamin yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

7. Konsumsi omega-3 dan antioksidan

Omega-3 menjaga rambut dari folikel. Akibatnya, sifat anti-inflamasi dari asam lemak ini dapat membantu menenangkan dan melembabkan kulit kepala yang kering dan teriritasi, sehingga membantu mencegah rambut rapuh.

Mengkonsumsi suplemen omega-3 dan antioksidan membantu meningkatkan kepadatan dan diameter rambut serta mengurangi kerontokan rambut. Beberapa makanan yang mengandung omega-3 adalah salmon, tiram, makarel, tuna, dan sarden.

8. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa adalah emolien alami. Artinya, minyak ini mengisi celah pada helaian rambut yang rusak akibat panas atau sinar matahari. 2005 belajar di Jurnal Ilmu Kosmetik menunjukkan bahwa minyak kelapa sangat baik dalam menembus serat rambut. Oleskan minyak kelapa dengan jari-jari Anda dari akar ke ujung, lalu pijat kulit kepala dengan lembut. Bungkus rambut Anda dan tutupi dengan handuk. Diamkan selama 30 menit hingga beberapa jam.

Berikut beberapa cara mengatasi ujung rambut kering dan bercabang yang bisa dicoba. Perlu dipahami bahwa masalah rambut kering yang parah mungkin memerlukan konsultasi dengan dokter untuk menentukan penyebab dan pengobatannya.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli 8 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

Berita8 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini