7 Manfaat Kebugaran Jasmani dan Bentuk-bentuk Latihannya

Seperti namanya, manfaat kebugaran jasmani yang paling utama adalah membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Dengan aktif melakukan latihan kebugaran jasmani, seseorang bisa lebih stamina dan siap menjalani berbagai aktivitas.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kebugaran jasmani adalah kebugaran yang berkaitan dengan dampak latihan terhadap kondisi fisik, seperti kekuatan, daya tahan otot, kelenturan, hingga daya tahan kardiovaskular.

Kesegaran jasmani juga dapat didefinisikan sebagai kemampuan dan kesanggupan tubuh untuk menyesuaikan beban fisik yang diberikan tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

Unsur-unsur kebugaran jasmani meliputi kekuatan, daya tahan otot, daya ledak, kelenturan, dan kelincahan. Berbagai elemen ini dapat diperoleh dari latihan, seperti dorong ke atasberlari bolak-balik, aerobik, dan banyak lagi.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Latihan kebugaran jasmani secara rutin dapat berdampak pada kesehatan fisik. Mereka yang berolahraga secara teratur cenderung dapat melakukan pekerjaannya secara efektif dan efisien tanpa mengalami kelelahan.

Selain itu, masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan oleh mereka yang memiliki tingkat kebugaran jasmani yang tinggi. Mengumpulkan Katadata, emodul.kemdikbud.go.id dan sumber terkait lainnya, berikut manfaat kebugaran jasmani:

1. Menjaga Berat Badan

Melalui olahraga dengan melakukan aktivitas kebugaran jasmani dapat membakar kalori dalam tubuh kita. Dengan membakar beberapa kalori dalam tubuh, berat badan akan hilang jika sebelumnya berlebihan. Agar tidak kekurangan kalori karena terus membakar, perlu diimbangi dengan menjaga pola makan yang sehat dan tidak berlebihan.

Baca Juga:   Vale dan Huayou Bangun Smelter Nikel Pomalaa Tanpa Pembangkit Listrik Tenaga Batubara

2. Meningkatkan Mood

Dengan kebugaran jasmani dapat meningkatkan mood Anda. Hal ini karena peningkatan kadar endorfin setelah berolahraga dapat memicu kebahagiaan dan perasaan positif lainnya. Karena itu, suasana hati yang sebelumnya buruk akan menjadi lebih baik karena tubuh bugar.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kadar gula darah dalam tubuh perlu dikendalikan agar jiwa dan raga menjadi bugar. Saat berolahraga, sel-sel tubuh akan mengambil sebagian dari kadar gula darah yang kita miliki. Kadar gula darah mengandung energi, itulah sebabnya kadar gula darah menurun saat kita berolahraga. Dengan berolahraga secara teratur, kadar gula darah dalam tubuh akan lebih stabil.

4. Menekan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Latihan kebugaran jasmani juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Sebab, latihan kebugaran jasmani dapat membuat otot jantung lebih kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Otot dan Tulang

Otot dan tulang menjadi lebih sehat dan kuat ketika seseorang memiliki kebugaran jasmani yang tinggi. Hal ini karena olahraga membantu pelepasan hormon yang meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap asam amino, sehingga tulang dapat tumbuh dengan baik dengan risiko kerusakan yang minimal.

6. Tidur Lebih Baik

Olahraga dapat membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Namun, untuk mendapatkan kebugaran fisik, seseorang tidak dianjurkan untuk berolahraga sebelum tidur karena akan terjadi lonjakan energi yang bisa membuat sulit memejamkan mata.

7. Sistem Kerja Otak yang Sehat

Mengumpulkan saluran kesehatan, olahraga dapat meningkatkan detak jantung dan meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Sehingga beberapa fungsi otak, seperti memori dan fokus dapat ditingkatkan.

Pelatihan Kebugaran Jasmani

Untuk mendapatkan kebugaran jasmani, ada beberapa latihan yang bisa dilakukan. Mengutip buku “Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMA/SMK” karya Limart Darwin, latihan tersebut meliputi latihan kekuatan, latihan kelincahan, latihan daya tahan jantung dan paru-paru, dan latihan kelenturan.

Baca Juga:   PUPR Prediksi Jalan Rusak Akan Lebih Banyak Tahun Depan, Karena Apa?

1. Latihan Kekuatan

Bentuk latihan peningkatan kekuatan yang cocok adalah latihan tahanan di mana seseorang harus mengangkat, mendorong, atau menarik beban, baik dari anggota badan sendiri atau dari benda tertentu.

Untuk hasil yang maksimal, beban dalam latihan resistensi harus ditingkatkan sedikit demi sedikit agar perkembangan otot meningkat. Bentuk latihan narapidana antara lain: angkat barbel, dumbel, latihan beban, dan latihan dengan alat menggunakan per (perangkat pegas).

Kekuatan otot merupakan komponen yang sangat penting untuk meningkatkan kondisi fisik secara keseluruhan. Manfaat kekuatan bagi tubuh adalah sebagai berikut:

  • Sebagai penggerak segala aktivitas fisik.
  • Sebagai perlindungan dari kemungkinan cedera.
  • Dengan kekuatan akan membuat seseorang berlari lebih cepat, melempar atau mendorong lebih jauh dan lebih efisien, memukul lebih keras, dan dapat membantu memperkuat stabilitas sendi.

2. Pelatihan Peningkatan Kelincahan

Kelincahan (kelincahan) adalah kemampuan untuk dapat mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktunya tanpa kehilangan keseimbangan. Kelincahan berhubungan dengan tingkat kelenturan. Tanpa postur tubuh yang baik, hampir tidak mungkin seseorang dapat bergerak dengan gesit.

Salah satu bentuk latihan peningkatan kelincahan adalah lari bolak-balik (lari antar-jemput) atau latihan untuk mengubah gerakan tubuh ke arah yang lurus.

3. Latihan Ketahanan Jantung dan Paru-paru

Tingkat kebugaran jasmani yang dimiliki dan dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. Pekerjaan fisik atau pelatihan jangka pendek tidak selalu membutuhkan pembakaran dengan melanjutkan pembakaran dengan oksigen. Dengan demikian, jantung, peredaran darah, dan paru-paru harus bekerja keras untuk mengantarkan oksigen ke bagian tubuh yang sedang aktif bekerja.

Jadi, gerakan atau olahraga yang cukup lama justru mendorong kerja jantung, peredaran darah, dan paru-paru sehingga menghasilkan perubahan ke arah keadaan daya tahan tubuh yang lebih baik, khususnya jantung.

Baca Juga:   Jokowi Bertolak ke Subang, Bagikan Bansos dan Dialog dengan Petani

Ada tiga hal penting dalam kebugaran jasmani, yaitu:

  • Secara fisik, berkenaan dengan otot, tulang, dan lemak.
  • Fungsi organ, sehubungan dengan efisiensi sistem kardiovaskular, vaskular, dan pernapasan.
  • Respon otot, berkenaan dengan kelenturan, kekuatan, kecepatan, dan kelemahan. Selang pelatihan untuk mengukur daya tahan dapat dilakukan dengan menggunakan tes lari 2,4 km (tes cooper).

4. Pelatihan Fleksibilitas

Fleksibilitas dapat diartikan sebagai keluasan atau kemudahan bergerak, terutama pada otot-otot sendi. Latihan kelenturan atau kelenturan bertujuan agar otot-otot pada persendian tidak kaku dan dapat bergerak bebas, tanpa adanya gangguan yang berarti.

Ada banyak cara untuk melatih fleksi, yaitu latihan fleksi otot leher, latihan fleksi otot lumbar, latihan fleksi sendi bahu, latihan fleksi sendi panggul, latihan fleksi sendi lutut, latihan gerakan pinggul, pinggang, dan sendi lutut, dan latihan fleksi pergelangan tangan. .

Berita ini kami Kurasi dari sumber: katadata.co.id dengan judul aseli 7 Manfaat Kebugaran Jasmani dan Bentuk-bentuk Latihannya

Berita7 Manfaat Kebugaran Jasmani dan Bentuk-bentuk Latihannya

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini