7 Film Jepang Terbaik 2021 Beserta Sinopsis dan Ulasannya

Jepang menjadi sorotan masyarakat dunia pada tahun 2021 akibat adanya Olimpiade Tokyo 2020. Sorotan tersebut juga berdampak pada berbagai sektor lainnya, salah satunya adalah film Jepang. Meski mengalami pasang surut, sektor perfilman Jepang akan merilis sejumlah karya menarik pada tahun 2021 mendatang.

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak film Jepang membuat dampak global. Penyajian karakter dan nuansa menjadi faktor utama dalam film-film Jepang terbaik.

Film Jepang mungkin tidak memiliki plot yang dinamis dengan banyak aksi dan klimaks. Namun, gaya bercerita serta sudut pandang yang ditampilkan mampu memikat penonton di seluruh dunia.

Berikut rekomendasi film Jepang terbaik tahun 2021 yang bisa ditonton.

1. Kendarai Mobil Saya

Diadaptasi dari cerita pendek karya Haruki Murakami, Kendarai Mobil Saya adalah film Jepang terbaik karya sutradara Ryusuke Hamaguchi. Dibintangi oleh Hidetoshi Nishijima dan Toko Miura, film ini menceritakan kehidupan Yusuke Kafuku, seorang aktor panggung dan sutradara terkenal.

Dua tahun setelah kematian mendadak istrinya, Yusuke menerima tawaran untuk mengarahkan produksi Paman Vanya di sebuah festival teater di Hiroshima. Di sana, ia bertemu Misaki Watari, seorang wanita muda pendiam yang ditugaskan untuk mengawalnya dengan mobil Saab 900 berwarna merah.

Menjelang pemutaran perdana, ketegangan antara pemain dan kru meningkat, tak terkecuali antara Yusuke dan Koji Takatsuki, bintang TV tampan yang diketahui berselingkuh dengan mendiang istri Yusuke.

Saat bekerja di Hiroshima, Yusuke yang dibantu oleh Misaki harus menghadapi kenyataan pahit dari masa lalu. Film Kendarai Mobil Saya berhasil mengeksekusi tema perjalanan cinta, kehilangan, penerimaan, dan kedamaian. Film tersebut memenangkan tiga penghargaan di Festival Film Cannes 2021, termasuk penghargaan Skenario Terbaik.

Baca Juga:   Ekspor Minyak Rusia ke Cina Melonjak 55% Usai Terkena Sanksi Eropa

2. Belle

Belle merupakan film animasi yang mengangkat tema kesepian, trauma, ketakutan, dan kesedihan seorang remaja. Film ini bercerita tentang Suzu, seorang siswa SMA pemalu yang tinggal di pedesaan.

Selama bertahun-tahun, dia hanya bayangan dirinya sendiri. Namun, Suzu mencoba memasuki dunia maya bernama “U”. Di dalamnya, Suzu menjelma menjadi persona online-nya bernama Belle, seorang penyanyi cantik dan dicintai secara global.

Suatu hari, konsernya terganggu oleh makhluk mengerikan yang dikejar-kejar warga. Saat perburuan semakin intensif, Suzu memulai petualangan emosional dan epik untuk mengungkap identitas binatang misterius ini.

Film Belle menampilkan perjalanan menuju kedewasaan dengan animasi ciamik yang penuh warna. Melalui kisah Suzu, pemirsa dapat mempelajari pelajaran berharga tentang perasaan kehilangan, pengabaian, dan cara menangani emosi dari waktu ke waktu.

3. Roda Keberuntungan dan Fantasi

Rekomendasi film Jepang terbaik berikutnya dari sutradara Ryusuke Hamaguchi adalah Roda Keberuntungan dan Fantasi. Film ini melibatkan tiga cerita, yaitu cinta segitiga yang tidak terduga, jebakan rayuan yang gagal, dan pertemuan yang disebabkan oleh kesalahpahaman.

Di cerita pertama, Meiko kaget saat mantannya mulai dekat dengan sahabatnya. Sementara itu, di cerita kedua, seorang wanita bernama Sasaki berencana untuk mengelabui profesor kampusnya untuk membalas dendam dengan menggunakan Nao, teman sekelasnya. Akhirnya, di cerita ketiga, seorang pria bernama Natsuko bertemu dengan seorang wanita yang tampaknya berasal dari masa lalunya, membuat keduanya mengakui perasaan yang telah mereka simpan di hati mereka.

Roda Keberuntungan dan Fantasi diceritakan dalam tiga bagian untuk menggambarkan tiga karakter wanita dengan kompleksitas hubungan dan menelusuri pelajaran hidup tentang pilihan dan penyesalan.

4. Kami Membuat Karangan Bunga Yang Indah

Film ini menceritakan kisah cinta lima tahun antara seorang pria dan wanita berusia 22 tahun yang bertemu setelah ketinggalan kereta terakhir di Stasiun Meidaimae di Tokyo. Hubungan mereka berkembang secara romantis. Film Kami Membuat Karangan Bunga Yang Indah dibuat dengan indah, menggambarkan dua orang muda saat mereka menghadapi pahitnya asmara.

Baca Juga:   Pengertian Tagihan, Jenis, dan Contoh Kewajiban yang Harus Dibayar

5. Jujutsu Kaisen 0

Diadaptasi dari serial manga karya Gege Akutami, Jujutsu Kaisen 0 menceritakan kehidupan para siswa di Jujutsu High School. Yuta Okkotsu adalah seorang siswa SMA gugup yang menderita masalah serius, teman masa kecilnya, Rika, telah berubah menjadi kutukan dan tidak akan meninggalkannya sendirian.

Rika bukan kutukan biasa, jadi Yuta perlu mengendalikannya. Oleh karena itu, Satoru Gojo, seorang guru di SMA Jujutsu, melatih Yuta untuk menghadapi kutukan yang menghantuinya. Sementara itu, ancaman lain datang dari masa lalu Gojo, membahayakan SMA Jujutsu dan melibatkan sekelompok penyihir untuk menghentikannya.

6. Rurouni Kenshin: Final

Rurouni Kenshin: Final adalah yang pertama dari dua film terakhir dari saga Rurouni Kenshin.Bercerita tentang Kenshin Himura, pendekar pedang legendaris yang telah berhenti membunuh orang dengan pedangnya.

Setelah Restorasi Meiji, dia berhenti membunuh dengan pedang. Dia mencoba menjalani kehidupan yang damai dengan seorang wanita bernama Kaoru Kamiya yang menjalankan sekolah ilmu pedang di desa.

Namun, pada tahun 1879, Kenshin dan sekutunya menghadapi musuh terkuat mereka, mantan saudara iparnya Enishi Yukishiro dan antek-anteknya. Enishi bersumpah untuk membalas dendam.

7. Kita Tidak Bisa Menjadi Dewasa

Didorong oleh permintaan pertemanan, seorang pria berusia empat puluh tahun mengingat kembali hubungan masa lalunya dari tahun 90-an dan seterusnya, mencari harapan dan impiannya yang hilang.

Kami Tidak Bisa Menjadi Dewasa menunjukkan rasa takut di masa dewasa. Film ini menunjukkan bagaimana rasanya hidup sendiri di antara orang-orang yang selalu tampak selangkah lebih maju. Penampilan Moriyama Mirai sebagai Sato Makoto menyadari bahwa seiring bertambahnya usia, ada hal-hal yang tidak bisa didapatkan. Menjadi dewasa terkadang membuat hidup seperti buang-buang waktu.

Baca Juga:   Tesla PHK 200 Pekerja Tim Autopilot dan Tutup Kantor di California

Itulah rekomendasi film Jepang terbaik tahun 2021 beserta sinopsis dan ulasannya.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli 7 Film Jepang Terbaik 2021 Beserta Sinopsis dan Ulasannya

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

Berita7 Film Jepang Terbaik 2021 Beserta Sinopsis dan Ulasannya

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini