7 Aplikasi untuk Mengamati Fenomena Planet Sejajar Besok Pagi

Fenomena planet paralel akan terjadi besok (24/6) sekitar pukul 04.30 – 05.30 waktu setempat. Kejadian ini konon terjadi selama 72-24 menit sebelum matahari terbit.

Planet-planet yang akan bergerak secara paralel adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Fokus Sains BBC dilaporkan, paralel terakhir kelima dengan cara yang sama pada tahun 2004.

Fenomena planet paralel baru akan terjadi lagi pada tahun 2041.

Berdasarkan situs Pusat Sains Antariksa (Lapan) Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional, fenomena planet sejajar dapat disaksikan secara visual atau tanpa alat bantu. Bulan sabit akan terlihat di antara Venus dan Mars.

Namun, pastikan untuk memilih tempat dengan pemandangan ufuk timur dan selatan yang tidak terhalang. Dengan begitu, Anda bisa melihat fenomena planet sejajar dan bulan dengan jelas.

Nyatanya Uranus juga bergerak secara paralel. Namun masyarakat membutuhkan teleskop dengan ukuran lensa minimal 10 cm untuk dapat melihatnya.

Selain itu, ada tujuh aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat planet dan benda langit lainnya, yaitu:

1. Google Langit

Aplikasi ini memungkinkan Anda menjelajahi jangkauan luar angkasa melalui ‘mata’ Teleskop Luar Angkasa Hubble, Sloan Digital Sky Survey, dan Digitalized Sky Survey. Platform itu tersedia secara gratis di ponsel atau desktop Anda.

Cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Klik fitur di bagian bawah layar untuk mempelajari lebih lanjut tentang tata surya, konstelasi, galaksi dan nebula, pemandangan alam semesta dalam sinar-x, ultraviolet, dan inframerah
  • Gunakan penggeser untuk melihat gambar langit oleh Giovanni Maria Cassini
  • Cari tahu di mana planet-planet berada di langit pada waktu tertentu dengan mengetikkan nama planet di kotak pencarian

2. SkySafari

Pengguna harus membayar mulai dari US$5 untuk mengunduhnya di perangkat berbasis iOS. Sedangkan di Android, aplikasi ini tersedia secara gratis.

Baca Juga:   Aplikasi MyPertamina Dinilai Mampu Hapus Praktik Angkot Jual-Beli BBM

Anda dapat mengarahkan kamera ponsel ke langit untuk mengidentifikasi planet, konstelasi, bintang, dan satelit. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk melihat seperti apa langit ribuan tahun yang lalu, atau ramalan di masa depan.

Anda juga dapat mensimulasikan hujan meteor yang telah terjadi, mendekati komet, dan peristiwa langit lainnya seperti gerhana.

3. Pelacak Bintang

Aplikasi Star Tracker berfungsi di iOS (lite) dan Android untuk menampilkan 88 rasi bintang, lebih dari 8.000 objek langit, serta matahari, bulan, dan planet. Semuanya bisa dilihat secara real time.

Aplikasi ini menggunakan kompas 3D dalam mode augmented reality (AR) yang menunjukkan posisi objek yang Anda cari.

Untuk meningkatkan konstelasi, Star Tracker memiliki fitur grafis untuk 12 tanda zodiak terkenal dan enam objek langit dalam.

Aplikasi ini gratis. Namun, ada versi lengkap dengan fitur lebih banyak yang berharga US$3 dan versi tanpa iklan seharga US$1.

4. Stasiun Luar Angkasa Internasional

Aplikasi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) tersedia gratis di iOS dan Android. Anda dapat memeriksa planet dan ISS melalui aplikasi ini.

5. Pemandangan langit

Aplikasi Skyview dibanderol dengan harga US$3 di iOS dan US$2 di Android. Untuk menggunakan Skyview, Anda hanya perlu mengarahkan ponsel ke langit.

Kemudian, Anda dapat mulai mengidentifikasi galaksi, bintang, konstelasi, planet, dan bahkan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Aplikasi ini memiliki mode malam dan fitur AR.

Selain itu, terdapat fitur Sky Path yang memungkinkan Anda melacak objek di luar angkasa untuk melihat lokasi yang tepat pada tanggal dan waktu apa pun.

Selain itu, Skyview memiliki opsi perjalanan waktu untuk mengamati seperti apa langit di masa lalu dan proyeksinya di masa depan.

Baca Juga:   Kasus Covid-19 RI Awal Pekan Naik 1.180, Ini Daftar Penyumbangnya

6. NASA

Aplikasi resmi NASA ini bisa diunduh di gadget iOS atau Android. Anda dapat melihat perpustakaan foto dengan ribuan gambar yang terus diperbarui dan menonton langsung NASA TV.

Selain itu, aplikasi ini menampilkan video sesuai permintaan dari seluruh agensi dan streaming langsung eksperimen Pengamatan Bumi Definisi Tinggi di ISS.

Aplikasi ini juga memberi Anda informasi tentang misi NASA, informasi peluncuran, penampakan yang akan datang, berita, dan banyak lagi menciak dari agensi.

7. Jalan Bintang 2

Aplikasi ini dibandrol dengan harga US$3 untuk iOS dan gratis di Android. Platform ia memiliki sensor ponsel dan GPS untuk menunjukkan peta langit malam waktu sebenarnyamenunjukkan lokasi bintang, planet, rasi bintang, komet, ISS, dan satelit.

Ada juga fitur yang memberi tahu Anda tentang semua peristiwa astronomi dan benda langit yang akan datang yang terlihat di lokasi Anda.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli 7 Aplikasi untuk Mengamati Fenomena Planet Sejajar Besok Pagi

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

Berita7 Aplikasi untuk Mengamati Fenomena Planet Sejajar Besok Pagi

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini