Psikolog : 4 Kebutuhan Anak yang Harus Dipenuhi Orang Tua

news.schmu.id : edupedia, Sebagai orang tua dengan anak usia dini, ada sejumlah kebutuhan dasar anak yang perlu dipenuhi. Apalagi pasca wabah Covid-19, banyak  perubahan terkait kebutuhan anggota keluarga. Dalam upaya menghindari dampak Covid-19, kebutuhan pangan bergizi semakin diprioritaskan.

Ketua Program Studi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Rose Mini Agoes Salim mengatakan kebutuhan dasar anak usia dini meliputi 4 hal, bukan hanya makanan. “Yaitu kesehatan, pendidikan, perawatan dan perlindungan”, katanya seperti dilansir dari laman Anggunpaud. Empat hal ini sangat dibutuhkan pada anak usia dini yaitu usia 1-3 tahun.

Empat kebutuhan dasar anak
1. Kesehatan

Kesehatan menjadi poin utama dalam memenuhi kebutuhan anak. Hal ini dilakukan oleh orang tua dengan  memberikan makanan bergizi agar gizi seimbang. Serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

2. Pendidikan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan orang tua adalah pendidikan, dikarenakan pendidikan merupakan salah satu dari hak anak. Orang tua harus memberikan stimulasi yang sesuai dengan tumbuh kembang anak. Karena penting untuk perkembangan kognitif, psikomotor, dan psikologis anak;

3. Pengasuhan

Parenting, itu bisa didapat di sekolah. Tetapi pendidikan utama adalah dari orang tua. Penyediaan kebutuhan Kesehatan dan Pendidikan tidak terlepas dari pola asuh orang tua. Orang tua harus memberikan pola asuh yang efektif dan positif.

4. Perlindungan

Perlindungan di sini bukan berarti melindungi anak dari serangan orang asing, cuaca ekstrim, atau hal-hal berbahaya yang mungkin ditemui di luar rumah. Dan pada saat dirumah orang tua tidak melindungi dari bahaya penggunaan alat-alat berbahaya di rumah.

Tetapi, orang tua membatasi penggunaan gawai dan pengelolaan emosi yang tepat. Sebab, jika tidak dikendalikan dengan baik, bahaya gawai bisa berdampak serius bagi tumbuh kembang anak. Agar empat kebutuhan dasar anak usia dini dapat terpenuhi, orang tua harus menggunakan bahasa yang sederhana dan konkrit serta menyampaikannya secara ekspresif.

Baca Juga:   Profil STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya

“Gunakan cara yang sesederhana mungkin dan dengan bahasa dan gaya yang menarik perhatian anak,” kata ibu Romi.

Ia juga mengingatkan bahwa anak usia dini memiliki rentang konsentrasi yang terbatas. Agar tidak menerima paparan stimulasi yang berkepanjangan. “Perlu ada jeda beberapa saat agar anak kembali semangat dan konsentrasinya,” ujarnya.

Tak kalah pentingnya, anak usia dini bisa dikatakan sebagai peniru yang hebat. Oleh karena itu, orang tua perlu memberikan keteladanan dan menghindari pelabelan anak, seperti menyebut mereka bodoh, idiot, dan lain-lain. Agar kebutuhan dasar PAUD dapat tercapai dengan sebaik-baiknya, Bunda Romi memberikan beberapa tips atau pedoman bagi orang tua, yaitu:

Memantau pertumbuhan dan perkembangan anak secara rutin. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan dalam pelayanan seperti posyandu, klinik kesehatan ibu dan anak dan unit kesehatan lainnya;

1. Melakukan stimulasi melalui berbagai kegiatan di rumah sesuai dengan karakteristik perkembangan anak.

2. Melakukan Sinergi dilakukan dengan satuan Pendidikan seperti PAUD.

3. Melakukan komunikasi yang efektif sesuai usia.

4. Menerapkan pola asuh yang efektif sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi anak.

5. Melaksanakan pengawasan penggunaan alat.

6. Mengelola emosi orang tua dan ajari anak untuk mengelola emosinya.

7. Membekali anak dengan berbagai kecakapan hidup.

8. Memberikan anak kemampuan untuk mengatur diri sendiri.

Sumber : Kompas.com

EdupediaPsikolog : 4 Kebutuhan Anak yang Harus Dipenuhi Orang Tua

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini