4 Cara Membuat Masker Kopi Beserta Manfaatnya untuk Kulit

Kopi umumnya dikonsumsi sebagai minuman atau dicampur ke dalam makanan untuk menambah cita rasa. Selain dikonsumsi, kopi juga bisa dimanfaatkan dengan mengubahnya menjadi masker wajah yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Membuat masker kopi bisa dilakukan dengan menggabungkan beberapa bahan untuk hasil yang optimal. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa cara membuat masker kopi yang bisa Anda coba.

Cara Membuat Masker Kopi

Ada banyak cara untuk membuat masker kopi. Mulai dari bahan yang sederhana hingga yang rumit, berikut pilihan cara membuat masker kopi.

1. Masker kopi dan minyak zaitun

Cara membuat masker kopi dan minyak zaitun adalah :

  1. Campur minyak zaitun dan bubuk kopi dalam proporsi yang sama.
  2. Oleskan ke wajah Anda dengan gerakan melingkar.
  3. Biarkan masker selama 15 dan 60 menit.
  4. Bilas dengan air hangat. Ulangi hingga tiga kali per minggu.

Manfaat masker kopi yang dipadukan dengan minyak zaitun yang melembapkan membuat kulit menjadi sehat.

2. Masker kopi dan susu

Untuk mencerahkan kulit, Anda bisa mencoba masker kopi dan susu. Berikut caranya:

  1. Ambil setengah cangkir kopi dan campur dengan beberapa sendok susu untuk konsistensi yang kental.
  2. Gunakan campuran ini sebagai masker wajah selama 10-15 menit.
  3. Bilas dengan air hangat.

Masker wajah ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit karena kandungan asam laktat dalam susu.

Baca Juga:   Suku Bunga The Fed Bakal Naik Lagi, Harga Emas Terus Menanjak

3. Masker kopi dan yogurt

Kopi dan yogurt memiliki sifat antioksidan yang mengencangkan kulit dan melawan kerutan. Kombinasinya membuat kulit lebih cerah dan memperlambat penuaan kulit. Yogurt mengandung asam laktat yang dapat mengencangkan pori-pori dan meregenerasi sel-sel kulit.

Cara membuat masker kopi dan yogurt sebagai berikut:

  1. Campurkan 1/4 cangkir yogurt Yunani dengan dua sendok teh kopi bubuk.
  2. Oleskan ke wajah dan pijat dengan tangan selama 2-3 menit.
  3. Diamkan selama 15 menit.
  4. Bilas wajah Anda dengan air hangat dan keringkan dengan handuk.

4. Masker kopi dan madu

Anda membutuhkan satu sendok makan bubuk kopi dan satu sendok makan madu. Campur kedua bahan ini dengan baik dalam mangkuk kecil. Oleskan adonan ke seluruh wajah dan pijat dengan lembut.

Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin. Menggunakan kopi dan madu sebagai masker wajah dapat melembapkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan flek hitam.

Manfaat Masker Kopi untuk Kesehatan Kulit

Beberapa manfaat masker kopi untuk kesehatan kulit adalah sebagai berikut.

1. Lindungi kulit dari sinar matahari

Kopi mengandung banyak antioksidan, salah satunya adalah polifenol. Zat tersebut dapat membantu melindungi dari sinar matahari yang mengandung ultraviolet (UV) dan beberapa tanda penuaan yang berhubungan dengan paparan sinar matahari.

Mengacu pada studi tahun 2015 di Jurnal Internasional Dermatologipeserta studi dengan kadar polifenol tertinggi dari kopi atau sumber lain, memiliki lebih sedikit bintik-bintik penuaan di wajah mereka.

Menggunakan masker kopi pada kulit dapat membantu mengurangi munculnya komedo, kemerahan, dan garis halus akibat penuaan.

2. Menenangkan kulit wajah

Masker kopi mengandung vitamin B3 (niasin), yang merupakan hasil pemecahan trigonelin setelah biji kopi disangrai. Menurut Yayasan Kanker Kulit, niasin dapat membantu mencegah kanker kulit non-melanoma dan mungkin dapat mencegah gumpalan jaringan yang menonjol keluar dari kulit di sekitarnya.

Baca Juga:   Solusi Damai Eks Karyawan untuk Yusuf Mansur dan Paytren

3. Mengatasi hiperpigmentasi pada kulit

Penelitian di Jurnal Nutrisi Eropa menunjukkan bahwa kopi mengandung asam klorogenat (asam klorogenat/CGA). Menggunakan masker kopi dapat menyerap asam klorogenat ke dalam kulit sehingga bermanfaat.

Di dalam buku Tanaman Obat: Kimia, Farmakologi, dan Aplikasi Terapi dijelaskan, asam klorogenat telah terbukti menghambat aktivitas enzim tirosinase dalam sel melanoma B16. Oleh karena itu, asam ini digunakan untuk mengobati hiperpigmentasi pada kulit.

Menggunakan masker kopi secara rutin dapat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit sehingga flek hitam atau warna kulit yang tidak merata dapat diatasi.

4. Mengobati jerawat

Tidak hanya melawan hiperpigmentasi, asam klorogenat yang terkandung dalam masker kopi bisa mengobati jerawat. Kandungan asam klorogenat membantu melawan masalah jerawat yang disebabkan oleh bakteri.

Selain itu, asam klorogenat juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat meredakan jerawat yang meradang. Manfaat hiperpigmentasi juga membantu menghilangkan bekas jerawat secara alami.

5. Menjaga kesehatan kulit

Asam lemak utama dalam kopi adalah asam linoleat, menurut sebuah penelitian di jurnal Plos Satu. Asam linoleat berperan dalam penggantian sel dan pembaruan kulit yang sehat. Ini juga membantu menjaga pori-pori tetap bersih. Komponen lain seperti senyawa fenolik dan tokoferol juga menunjukkan efek antioksidan yang membantu peradangan dan penyembuhan luka.

6. Mengencangkan kulit

Dalam sebuah publikasi American Heart Association, kopi dapat meningkatkan aliran darah. Dengan meningkatkan aliran darah, kulit juga mengalami peningkatan pembuatan kolagen dalam tubuh.

Kolagen adalah protein keras, tidak larut, dan berserat yang membentuk sepertiga dari protein dalam tubuh manusia. Molekul-molekulnya membentuk fibril tipis yang panjang. Ini bertindak sebagai struktur pendukung yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit.

Baca Juga:   Pemegang Saham Merdeka Copper Setujui Buyback Saham Rp 600 Miliar

Menggunakan masker kopi dapat membantu produksi kolagen sehingga kulit tetap kencang dan sehat.

7. Membantu mengatasi mata panda

Mata panda terbentuk akibat sirkulasi darah yang buruk di area bawah mata. 2015 penelitian di jurnal Penelitian Biomedis Tingkat Lanjut Dijelaskan, kafein dalam kopi memiliki sifat antioksidan dan merangsang sirkulasi darah di sekitar mata.

Kafein juga dapat membantu mengurangi peradangan di bawah mata, pembengkakan dan kemerahan. Rutin memakai masker kopi bisa mengatasi mata panda dengan melancarkan aliran darah di sekitar mata.

Berita ini kami Kurasi dari katadata.co.id dengan judul aseli 4 Cara Membuat Masker Kopi Beserta Manfaatnya untuk Kulit

Silahkan berlangganan konten kami di Google News

Berita4 Cara Membuat Masker Kopi Beserta Manfaatnya untuk Kulit

Terkini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini